Pentas Virtual Peringati Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta ke-264

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta menggelar pertunjukan pentas budaya bertajuk Tan Mingkuh Tumapak Ing Jaman Anyar. Perhelatan sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun Kota Yogyakarta yang ke 264 ini digelar secara virtual pada Minggu 11 Oktober 2020.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, S.Sos, MM di ruang kerjanya Jumat, 2 Oktober 2020.

Lokasi pentas budaya digelar di beberapa tempat yaitu halaman air mancur Balaikota Yogyakarta, Hal Kantor BPKCB Kotagede dan juga serentak di 14 Pendopo Kecamatan se-Kota Yogyakarta. Semua lokasi ini akan dikoneksikan dalam satu layar live streaming sebagai respon pemerintah Kota Yogyakarta dalam masa pandemi untuk tetap mentaati protokol pencegahan COVID 19.

Pengisi acara dalam helatan ini diantaranya adalah Gamelis Gamler sebuah grup musik gamelan kontemporer yang membawakan lagu-lagu tradisional dan modern dibalut nuansa etnis. Kemudian Agung Cendhik Art Dance dengan tari garapannya yang unik.

Selain itu juga pementasan teater berbahasa Jawa dengan membawakan lakon Singget, bercerita mengenai bagaimana sekelompok orang yang berlatih teater dengan tema HUT Kota Yogyakarta.

Selain dilakukan secara virtual, hal yang menarik dari pentas ini adalah menyajikan tarian bersama di ujung pementasan dengan teknologi zoom meeting. Adanya sejumlah seniman yang terlibat menari bersama secara virtual di 14 titik di kecamatan, di venue Kanto BPKCB Kotagede dan juga di Balaikota Yogyakarta. Hal ini merupakan simbolisasi kebersamaan dan keberanian, tekad yang bulat untuk tetap optimis menghadapi kondisi di jaman yang baru. Tan Mingkuh Tumapak Ing Jaman Anyar.

Masyarakat Kota Yogyakarta dapat mengikuti agenda ini melalui akun youtube Pemkot Jogja dan akun youtube Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta dimulai pukul 15.00 – 17.00 WIB Minggu, 11 Oktober 2020.