Macapat Untuk Milenial

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan melaksanakan gelar macapat dengan sasaran generasi milenial. Kegiatan yang dilakukan dengan mengedepankan protocol kesehatan ini akan diikuti oleh anak-anak remaja rentang usia SMP dan SMA dari wilayah Kota Yogyakarta.

Gelar Macapat dengan tema ‘Menumbuhkan Kecintaan Seni Macapat Bagi Generasi Milenial’ akan berlangsung selama 3 hari berturut-turut pada hari Senin hingga Rabu tanggal 9, 10, dan 11 November 2020 di Ndalem Ngabean Jl. Ngadisuryan No.6, Kraton.

“Gelar macapat kali ini, pelaksanaannya akan dibawakan lebih ringan dan cair tanpa meninggalkan pakem yang berlaku,” tutur Kepala Bidang Sejarah dan Bahasa Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Drs Dwi Hana Cahya Sumpena.

Gelar Macapat ini juga akan menghadirkan narasumber Paksi Raras Alit penembang macapat yang berhasil meramu dan menyajikan sastra macapat dalam kemasan musik kekinian.  Selain Paksi dihadirkan pula praktisi macapat Slamet Nugroho dan Maryono, serta kelompok Pagu Sekar sebagai seniman pengiring dari tembang-tembang macapat yang akan dibawakan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, S.Sos, MM menjelaskan bahwa seni sastra tembang ini menggambarkan perjalanan hidup manusia sejak di alam ruh, fase dilahirkan, tumbuh hingga meninggal dunia dan kembali ke alam ruh. Melalui syair dalam tembang, nilai-nilai luhur dan pitutur bijak disampaikan penuh makna.

“Bait-bait dalam tembang macapat yang memiliki nilai religius tinggi telah digunakan sebagai media penebar kebaikan oleh orang-orang bijak di masa silam. Tembang macapat  juga menjadi senandung cinta orangtua kepada anak-anak mereka agar mengerti akan arti kehidupan,” tutur Yetti di ruang kerjanya Jumat 6/11.

“Kami mengapresiasi kegiatan gelar macapat yang menyasar bagi generasi milenial. Harapannya kegiatan gelar macapat ini mampu memberikan pembelajaran untuk menghargai, menumbuhkan rasa peka dan rasa cinta terhadap karya sastra tradisional,” pungkasnya.