Lomba Cerdas Cermat Sejarah Tingkat Kota Yogyakarta 2021

LOMBA CERDAS CERMAT SEJARAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021

Identitas yang melekat di Yogyakarta tak hanya kota pelajar ataupun kota budaya. Namun wilayah ini telah melahirkan banyak nama tokoh pahlawan bangsa. Salah satunya contohnya adalah Ibu Ruswo yang memiliki peran besar dalam perjuangan kemerdekaan. 

Dalam rangka mengenalkan pahlawan lokal, Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta mengangkat tema “Pahlawan Lokal dalam Upaya Perjuangan Kemerdekaan” pada penyelenggaraan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Sejarah Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2021. 

Lomba ini digelar untuk siswa SMA/MA/SMK baik negeri maupun  swasta di Kota Yogakarta. Peserta lomba merupakan pelajar Kota Yogyakarta yang membentuk sebuah tim yang  beranggotakan tiga orang dari satu sekolah yang sama.Pendaftaran dilakukan melalui link google form yang dapat diakses di website https://kebudayaan.jogjakota.go.id/ hingga 27 Agustus 2021. Informasi ketentuan lomba juga disediakan di laman tersebut. 

Kepala Bidang Sejarah Permuseuman dan Bahasa Sastra Drs. Dwi Hana Cahya Sumpena menjelaskan bahwa LCC Sejarah Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2021 akan diselenggarakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Kegiatan ini selain untuk mengajak pelajar lebih mengenal sejarah Kota Yogyakarta dan juga sejarah Indonesia, juga sebagai sarana untuk memacu mereka tetap produktif di masa pandemi.

Proses lomba direncanakan melalui dua tahap yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan pada 7 September 2021 yang diselenggarakan secara daring. Pada babak penyisihan akan diambil lima tim dengan nilai tertinggi untuk melaju ke babak final. Sedangkan, pelaksanaan babak final akan diselenggarakan dengan sistem luring pada 9 September 2021  bertempat di Taman  Pintar.

Untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan lomba cerdas cermat sejarah, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta melibatkan  akademisi, sejarawan, dan guru sejarah. Mereka bertindak sebagai tim ahli pembuat soal dan dewan juri.

“Hadiah kejuaraan berupa uang pembinaan, sertifikat, dan tropy. Total hadiah yang disediakan senilai 13 (tiga belas) juta rupiah. Selain itu, juara pertama dari lomba ini akan menjadi perwakilan Kota Yogyakarta dalam Lomba Cerdas Cermat Tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang rencananya akan berlangsung pada bulan Oktober mendatang,” lanjut Dwi Hana Senin (16/8) di ruang kerjanya.

LCC Sejarah diharapkan dapat menjadi media untuk menanamkan kesadaran sejarah serta nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme kepada generasi muda. Nilai-nilai karakter para pahlawan dan nilai moral dari setiap peristiwa sejarah dapat dijadikan teladan bagi para generasi muda untuk membangun dan memajukan bangsa Indonesia. Selain itu, melalui lomba ini diharapkan memberikan peluang kepada peserta untuk melatih jiwa kompetitif dan mengembangkan diri melalui kemampuan yang dimiliki. (lrs)

 

Petunjuk pelaksanaan dan teknis bisa di akses (disini)

Link pendaftaran bisa di akses (disini)

#IndonesiaBisa
#IndonesiaaBangkit
#JogjaBakohCovid19

#Dinaskebudayaankotayogyakarta

#Salambudayalestaribudayaku

#Salambudaya