SMAN 1 YOGYAKARTA JAWARA LCC SEJARAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2021

Final Lomba Cerdas Cermat Sejarah 2021 Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menghasilkan pemenang pertama tim dari SMAN 1 Yogyakarta. Sekaligus akan mewakili Kota Yogyakarta dalam lomba serupa di tingkat DIY pada bulan oktober mendatang.

Lomba yang digelar di Hall Phytagoras Taman Pintar Yogyakarta Sabtu (11/9) ini diikuti 5 tim peserta. Mereka terpilih setelah di babak penyisihan berhasil meraih posisi 5 besar. 

Adapun urutan pemenang LCC Sejarah ini adalah SMAN 2 Yogyakarta sebagai juara 2, SMAN 5 sebagai juara 3, SMAN 6 Yogyakarta sebagai juara harapan I, SMA Muh 2 Yogyakarta sebagai juara harapan 2. Mereka menerima apresiasi hadiah kejuaraan berupa uang pembinaan, sertifikat, dan tropy. Total hadiah yang diberikan senilai 13 (tiga belas) juta rupiah

Pelaksanaan lomba ini menerapkan protocol kesehatan dan digelar tanpa penonton. Namun demikian panitia memfasilitasi bagi supporter dari masing-masing sekolah untuk tetap dapat mengikuti secara langsung melalui streaming di akun youtube Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. 

Tema lomba pada penyelenggaraan Lomba Cerdas Cermat (LCC) Sejarah Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2021.  “Pahlawan Lokal dalam Upaya Perjuangan Kemerdekaan”. Adapun yuri lomba ini menghadirkan Drs. Sariyana Ketua MGMP Sejarah SMA Kota Yogyakarta, Baha Uddin, S.S, M. Hum dosen Sejarah UGM, dan  H.Y. Agus Murdyastomo, M.Hum dosen Sejarah UNY. 

Lomba ini digelar untuk siswa SMA/MA/SMK baik negeri maupun  swasta di Kota Yogakarta. Peserta lomba merupakan pelajar Kota Yogyakarta yang membentuk sebuah tim yang  beranggotakan tiga orang dari satu sekolah yang sama. Babak penyisihan yang dilaksanakan pada 7 September lalu diikuti oleh 26 sekolah. Proses pelaksanaan babak penyisihan juga dilakukan melalui daring, dan dilaksanakan dari sekolah masing-masing. 

Kepala Bidang Sejarah Permuseuman Bahasa dan Sastra Drs. Dwi Hana Cahya Sumpena menjelaskan bahwa kegiatan ini digelar agar pelajar lebih mengenal sejarah lokal kotanya. Mereka mampu mengeksplorasi sejarah local wilayahnya, harapannya akan memunculkan kebanggan, menumbuhkan jati diri dan membentuk karakter pribadi yang bercirikan lokalitas budayanya.