Vaksinasi Pelaku Seni Budaya Digelar di Kota Yogyakarta

Bertempat di XT Square Yogyakarta, Selasa (14/9) digelar vaksinasi covid-19 bagi pelaku seni budaya di Kota Yogyakarta. Sebanyak 1000 peserta vaksinasi ditargetkan dapat mengikutinya.  

Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan bentuk kolaborasi antara Dinas Kebudayaan DIY bersama Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Didukung oleh pihak-pihak terkait lainnya yaitu Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta, Satpol PP,  serta pihak manajemen XT Square Yogyakarta. 

Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakshmi Pratiwi, S.S, M.A berkenan melakukan peninjauan secara langsung di lokasi vaksinasi ini. 

Ia mengatakan, target vaksinasi bagi pelaku seni budaya se-DIY sebanyak 5000 orang. Dengan demikian setiap kabupaten/kota mendapatkan jatah melaksanakan vaksinasi sebanyak 1000 orang, sebagaimana pelaksanaan di wilayah Kota Yogyakarta saat ini. 

“Alhamdulillah pelaksanaan vaksinasi di Kota Yogyakarta ini berjalan lancar dan tertib. Ikonik budayanya sangat kuat. Terlihat ciri khas yang berbeda dengan penyelenggaraan vaksinasi yang dilakukan oleh OPD lain. Saya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Pelaku seni budaya tampaknya juga merasa aman nyaman melakukan vaksinasi disini,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, S.Sos, MM mengatakan bahwa pelaksanaan vaksinasi ini telah kami persiapkan dengan koordinasi yang cukup dengan pihak-pihak terkait. “Saya lihat proses pelaksanaan disini berlangsung dengan baik, begitu pula semua petugas sudah menempatkan diri dan melayani sesuai job desk nya masing-masing,” ujarnya

Basis Hargito (76 th), seniman srandul dari Kecamatan Kotagede mengatakan, ”Hari ini saya divaksin. Sebagai pelaku seni, saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah  yang telah peduli terhadap para pelaku seni budaya. Saya berharap pandemic ini segera selesai sehingga pelaku seni dapat berkarya lagi dengan normal.” (ism)