Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi  Menutup Rangkaian Workshop Rintisan Kelurahan Budaya

Rangkaian kegiatan Workshop Rintisan Kelurahan Budaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta ini diselenggarakan Senin-Kamis  20-23 September 2021 di Sare Hotel Gowongan Kidul No 50 Yogyakarta dan  dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi.

Di tengah arus perubahan masyarakat dunia, masyarakat Kota Yogyakarta harus mampu mempertahankan identitasnya. Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) berperan penting dalam pelestarian dan pengembangan budaya dalam rangka menjaga ke-Yogyakarta-an. Sangat penting bagi RKB memunculkan keunikan potensi budaya di masing-masing wilayah karena keunikan itulah yang nantinya bisa menjadi unsur pembeda dari daerah lainnya. Apa yang dimiliki Kota Yogyakarta merepresentasikan Yogyakarta, bukan daerah lain. Keunikan itulah yang kemudian menjadi alasan mengapa orang datang ke Yogyakarta. Pelestarian dan pengembangan di masa mendatang harus mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat. 

"Rintisan Kelurahan Budaya bukan hanya gerakan sosial budaya, tetapi juga nantinya berujung pada gerakan ekonomi", ujar Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. Heoroe menambahkan bahwa kemanfaatan ekonomi dapat menjadi jaminan eksistensi kegiatan sosial budaya. Oleh karena itu, menurut Heroe Poerwadi, menjadi penting memahamkan masyarakat bahwa Rintisan Kelurahan Budaya menjadi jaminan masyarakat kelurahan setempat dalam rangka peningkatan ekonomi sebagai buah dari masyarakat yang berekspresi seni. 

Heoroe Poerwadi mencontohkan masyarakat Bali yang mampu menggali dan mengembangkan kehidupan sosial budaya menjadi daya tarik yang membawa kemanfaatan ekonomi. Sebagaimana Bali, masyarakat Yogyakarta juga memiliki kehidupan sosial budaya yang unik. Oleh karena itu, kehidupan sosial budaya jangan sampai tidak berkaitan secara langsung dengan ekspresi seni budaya.

Melihat potensi seni dan budaya yang sangat besar di Yogyakarta, pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya mendukung para pelaku seni lewat wadah Rintisan Kelurahan Budaya. Rintisan Kelurahan Budaya diharapkan tidak hanya sebagai wadah berkegiatan seni tetapi juga sebagai sesuatu yang mendukung pengembangan ekonomi di Kota Yogyakarta .