Pelantikan Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta Periode 2021-2023 oleh Walikota Yogyakarta

Pengukuhan Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta periode 2021-2023 oleh Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti digelar hari ini (19/10/21) di Hotel Ina Garuda. Ki Priyo Dwiarso dilantik menjadi ketua, didampingi oleh Fahmi Prihantoro yang dilantik sebagai Wakil Ketua Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta .

Dalam kegiatan wawancara kepada awak media pasca kegiatan pengukuhan, Walikota mengatakan pembentukan Dewan Kebudayaan Kota Yogya telah ditetapkan melalui Keputusan Walikota Yogya Nomor 364 Tahun 2021 tentang Pembentukan Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta. Tujuan nya untuk mendukung pelestarian dan pengembangan budaya di Kota Yogyakarta.

Pihaknya menambahkan bahwa pengukuhan Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta merupakan wujud nyata komitmen Pemkot Yogyakarta dalam melaksanakan pelestarian dan pengembangan budaya.

“Kebudayaan adalah salah satu aset berharga yang dimiliki Kota Yogya. Kekayaan budaya inilah yang kiranya wajib kita jaga, bukan hanya sekedar untuk klangenan, melainkan sebagai identitas yang merepresentasikan Ke-Yogyakarta-an di tengah gempuran arus globalisasi dan modernisasi.," jelasnya di Grand Ina Malioboro, Selasa (19/10/2021).

Pihaknya berharap Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta dapat membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang obyektif terutama dalam hal upaya pelestarian budaya yang khas Yogyakarta serta bagaimana pengembangannya dengan terus menjaga kearifan lokal.

Selain memberikan masukan dan pertimbangan kepada pemerintah berkenaan dengan kebijakan dan permasalahan di bidang kebudayaan, lanjutnya, Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta juga akan menjalankan ketugasan lainnya, yakni tugas kuratorial terhadap kelompok dan obyek kebudayaan yang akan menerima fasilitasi dari pemerintah.

Dewan Kebudayaan Kota Yogyakarta periode 2021-2023 diharapkan dapat menciptakan inovasi-inovasi kebijakan di bidang kebudayaan, khususnya dalam pelestarian dan pengembangan sektor kebudayaan di Kota Yogyakarta.