Festival Sastra Yogyakarta 2021 : Ruang Apresiasi Pelestari Sastra Jawa

Perhelatan puncak Acara Festival Sastra Yogyakarta 2021 digelar selama tiga hari, Senin 29 November hingga  Rabu 1 Desember 2021.

Agenda ini menjadi brand yang diusung oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta untuk membangkitkan denyut kehidupan sastra lokal di Yogyakarta sebagai Kota Budaya.

Festival Sastra 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, terdiri dari rangkaian agenda yang diselenggarakan sejak Agustus 2021 lalu. 

Agenda tersebut adalah: Musikal Hanacaraka, pameran virtual manuskript, sandiwara bahasa Jawa ‘Sinten Sik Remen”, pementasan sastra ‘Kidung Aksara Jawa’, talkshow sastra, workshop aksara Jawa Digital serta film sastra ‘Gegaraning Akrami”. 

Pembukaan Puncak Acara Festival Sastra 2021 dilaksanakan di Royal Malioboro Hotel, Senin 29 November 2021 oleh Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi. 

Pada kesempatan juga diselenggarakan talkshow dengan tema ‘ Membangkitkan denyut kehidupan sastra lokal di kota budaya, Yogyakarta. Selain Wakil Walikota hadir sebagai narasumber Paksi Raras Alit, dan BW Purbanegara. 

Agenda juga dimeriahkan dengan premier nonton bareng tayangan perdana Musikal Hanacaraka dan tayangan Pameran Virtual Manuskript Serat Langen Wibawa dan Sandiwara Bahasa Jawa dengan judul ‘Sinten Sik Remen’. Sedangkan premiere film sastra ‘Gegaraning Akrami’ akan ditayangkan pada akhir Desember 2021. 


Acara ini juga menampilkan pertunjukan sastra ‘Kidung Aksara Jawa’. Sebuah pertunjukan sastra yang dilakukan oleh sastrawan muda, para pemenang Kompetisi Bahasa Sastra. Mereka telah membawa nama harum Kota Yogyakarta sebagai Juara Umum Kompetisi Bahasa dan Sastra Tingkat DIY 2021. 

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti menjelaskan bahwa Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, mengemban tugas penting untuk menjaga dan melestarikan kekayaan budaya tradisional. Gelaran Festival Sastra Yogyakarta 2021 ini juga mengemban peran untuk  mengembalikan marwah orang Jawa dalam berbahasa dan beraksara Jawa.

Seusai pembukaan di Hotel Royal Malioboro, Festival Sastra Yogyakarta 2021, akan dilanjutkan dengan agenda nonton bareng premier produksi Festival Sastra Yogyakarta di Gedung Teater 4 Dimensi lantai 3 Taman Pintar UPT Taman Budaya Yogyakarta pada 30 November hingga 51 Desember 2021. 

Masyarakat dapat menikmati agenda Festival Sastra 2021 ini melalui kanal youtube Pemerintah Kota Yogyakarta dan Dinas Kebudayaan Kota Yogyakakarta, dengan jadwal sbb:

1.    Rabu 1 Desember pk 19.00 = Musikal Hanacaraka
2.    Kamis 2 Desember pk. 19.00 = Pameran Virtual Manuskrip
3.    Jumat 3 Desember pk. 19.00 = Sandiwara Bahasa Jawa “Sinten Sik Remen”
4.    Sabtu 4 Desember pk. 19.00 = Talkshow Sastra
5.    Minggu 5 Desember pk. 19.00 = Pentas Kidung Aksara Jawa


Bagi seluruh pelajar SD, SMP dan SMA/K di Kota Yogyakarta disediakan 20 hadiah menarik bagi 20 esai terpilih. Dengan cara menuliskan esai  tentang sastra tradisional bersumber dari tayangan tersebut, maksimal 500 kata. Pengiriman melalui link berikut : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSfFlqu0e9MkLBhn5F-0QlBTksY0IeDFNtKQ6YW5LE_dsnySjw/viewform
maksimal 15 Desember 2021.