Membangun Sinergi Pengelolaan Museum Bersama Forum Komunikasi Museum Kota (FKMK)

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menggelar Pertemuan dengan Forum Komunikasi Museum Kota (FKMK). Pertemuan sebagai upaya membangun sinergi pembinaan dan pengelolaan permuseuman di Kota Yogyakarta bertempat di Pendapa de Luweh, Yogyakartapada Selasa (8/3). Topik utama pertemuan ini membahas Pergantian Kepengurusan FKMK  periode 2022-2025 yang diikuti delapan belas museum di Kota Yogyakarta yang merupakan anggota FKMK.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Sejarah Permuseuman Bahasa dan Sastra, Drs. Dwi Hana Cahya Sumpena menyampaikan bahwa pertemuan dengan anggota FKMK ini merupakan langkah awal dalam menyambut kegiatan pemilihan kepengurusan baru FKMK periode 2022-2025 dan perencanaan kerja FKMK Tahun 2022.

Pihaknya juga menambahkan bahwa tahun ini, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta akan lebih massif melibatkan museum-museum yang ada di Kota Yogyakarta dalam kegiatan permuseuman seperti  Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan (Permuseuman), Wajib Kunjung Museum, dan Pameran Bersama Museum Kota Yogyakarta.

Kepala Museum Biologi, Trijoko menyampaikan perlunya transfer knowledge antara pengurus FKMK lama dan pengurus FKMK baru. Oleh karena, alangkah lebih baiknya jika kepengurusan FKMK baru sudah terbentuk satu bulan sebelum kepengurusan lama berakhir.

Di samping itu, edukator Museum Dr. Yap, R. Dian Saputra menambahkan perlunya diselenggarakan pertemuan rutin antar anggota FKMK. Ia juga menyampaikan alangkah lebih baiknya jika kegiatan FKMK bersinergi dengan kegiatan Barahmus sehingga lebih semarak.

Pertemuan Forum Komunikasi Museum Kota hari ini diharapkan menjadi langkah awal bagi  museum-museum di Kota Yogyakarta untuk menjalin komunikasi, jejaring dan kolaborasi guna memperkuat promosi museum di Kota Yogyakarta. (lrs)