PODCAST JOGJA CROSS CULTURE 2022

Jogja Cross Culture (JCC) merupakan pagelaran seni budaya tahunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta. Kali ini JCC dilaksanakan dengan dua macam pertunjukan yaitu luring dan daring, sehingga memiliki beberapa rangkaian kegiatan sebelum menuju ke puncak acara pada tanggal 15 Mei 2022 di Jalan Malioboro. Salah satu rangkaian acara yang dilaksanakan yaitu diadakannya podcast pada hari Kamis (12/05/2022) di Teras Malioboro 2.

Podcast kali ini menghadirkan Bapak Drs. Heroe Poerwadi, M.A. (Wakil Walikota Yogyakarta), Anter Asmorotedjo (Kurator JCC), dan Tony Yap (Artist Commission JCC 2022). Pemerintah Kota Yogyakarta mendukung secara penuh pelaksanaan JCC kali ini setelah 2 (dua) tahun diadakan secara daring. Bapak Drs. Heroe Poerwadi, M.A. mengharapkan pagelaran Jogja Cross Culture 2022 sebagai tonggak kebangkitan seni budaya khususnya di wilayah Yogyakarta.

“Setelah pandemi melanda Indonesia kurang lebih selama dua tahun mengakibatkan perubahan dalam budaya masyarakat sehingga adanya JCC tahun ini mampu merespon perubahan tersebut namun masih mempertahankan akar budaya yang dimiliki” ungkap Anter Asmorotedjo selaku Kurator JCC.

Memberikan ruang bagi seniman-seniman muda di Yogyakarta untuk saling berkolaborasi dengan seniman lokal dari setiap kemantren di Kota Yogyakarta sehingga memunculkan kreasi-kreasi baru yang lebih menarik. Selain itu, bentuk kolaborasi dalam kesenian mampu menyegarkan pertunjukan seni dalam pagelaran JCC 2022.

Kolaborasi kali ini bisa menjadi inspirasi kepada seniman Kota Yogyakarta karena mendatangkan maestro Tony Yap yang menjadi Artist Commission dan beberapa seniman luar negeri serta seniman tanah air lainnya. Sehingga pertunjukkan JCC tahun ini akan menjadi pagelaran kebudayaan yang layak disaksikan oleh seluruh Dunia.