Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Gelar Seleksi LCC Kebudayaan (Permuseuman)

Museum merupakan lembaga pelestarian kebudayaan.  Museum juga berfungsi sebagai media menginformasikan serta mengkomunikasikan hasil budaya daerah kepada masyarakat luas, khususnya kepada generasi muda.

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menggelar Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan (Permuseuman) Tingkat Kota Yogyakarta Tahun 2022 dengan melibatkan museum-museum di Kota Yogyakarta. Lomba ini ditujukan untuk siswa SMP Sederajat di Kota Yogyakarta.

“Pendaftaran LCC Kebudayaan (Permuseuman) dibuka pada tanggal 12-28 April 2022 dan berhasil menyaring 25 kelompok pendaftar dari SMP Negeri dan Swasta di Kota Yogyakarta”, ujar Yetti Martanti, S.So., M.M. selaku Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta.

Pihaknya menambahkan bahwa jumlah pendaftar tahun ini mengalami kenaikan dibanding tahun kemarin. Pada tahun 2021 jumlah pendaftar 16 kelompok dan naik menjadi 25 kelompok di tahun 2022. Oleh karena itu, pihaknya membagi seleksi menjadi tiga tahap.

Seleksi tahap pertama telah terlaksana pada Rabu (18/05) secara daring untuk menyaring peserta dari 25 kelompok menjadi 14 kelompok.

Seleksi tahap dua yang sudah terlaksana hari ini Kamis (19/05) secara luring bertempat di Gedung Eks KONI Museum Soobudoyo. Pada tahap ini berhasil menyaring lima kelompok yang akan melaju ke babak Final yang akan diselenggarakan lusa.

Sekolah yang berhasil melaju ke babak Final diantaranya SMP N 03 Yogyakarta, SMP N 06 Yogyakarta, SMP N 07 Yogyakarta, SMP Pangudi Luhur 1 Yogyakarta, dan SMP Muhamadiyah 2 Yogyakarta.

Kegiatan Lomba Cerdas Cermat Kebudayaan (Permuseuman) dengan tema “Recover Together Recover Stronger” diharapkan menanamkan nilai-nilai luhur bangsanya, sehingga dapat menghargai dan mencintai budaya mereka sendiri.