Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Gelar Pentas Sejarah Jogja Historical Orchestra di Akhir Juni

Pentas sejarah Historical Orchestra akan kembali digelar pada 29 Juni 2022 pukul 18.30 sampai 21.00 WIB dengan mengangkat tema “Jogja Kembali”. Pentas Sejarah tahun ini akan diselenggarakan secara luring di Regol Barat Kepatihan Jalan Malioboro Nomor 18 Yogyakarta.

"Perhelatan Historical Orchestra pertama kali digelar pada tahun 2019 dengan menampilkan permainan musik orchestra gamelan dengan lagu-lagu perjuangan. Namun, berbeda dengan tahun sebelumnya, pentas sejarah historical orchestra tahun ini akan menampilkan kolaborasi orchestra gamelan dengan pertunjukan wayang sejarah yang didukung animasi motion grafis, jelas Dra. Ratih Ekaningtyas selaku Plh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta (22/6).

Dalam keterangan tertulisnya, Ratih lebih lanjut menjelaskan perhelatan ini digelar untuk mendukung peringatan hari bersejarah di Yogyakarta yaitu peristiwa Jogja Kembali.

Tahun ini, Pentas Sejarah Jogja Historical Orchestra mengangkat tajuk spesial “Jogja Kembali: Selaras Juang Mataram Menang”, ujarnya.

Ia menjelaskan pentas musik ini dimaksudkan untuk memberikan ruang kepada seniman-seniman terbaik yang Kota Yogyakarta untuk tampil di Pentas Sejarah: Jogja Historical Orchestra. Lewat kegiatan ini diharapkan akan menjadi kesempatan bagi seniman di Kota Yogyakarta untuk menunjukkan karya terbaik mereka sekaligus mengenalkan kebudayaan Yogyakarta kepada masyarakat.

Disebutkan pula, akan ada penampilan dari seniman Malioboro serta dalang muda yang turut memeriahkan acara ini. Penonton akan diajak unuk merasakan suasana pada masa revolusi perjuangan kemerdekaan Indonesia lewat alunan orchestra dan wayang yang ditampilkan. Selain itu, pertunjukan ini diharapkan menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran sejarah bangsa Indonesia serta sarana dalam menanamkan nasionalisme dalam diri generasi muda.

Pentas Sejarah Historical Orchestra merupakan manifesto dari sinergi kebudayaan dan eksistensi Yogyakara sebagai salah satu kota perjuangan dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.