Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta  Dorong 18 Kelurahan Ikuti Akreditasi RKB

Yogyakarta – Sebanyak 18 kelurahan yang diwakili oleh Lurah, Ketua LPMK, dan tokoh budaya mengikuti kegiatan Sosialisasi Akreditasi Rintisan Kelurahan Budaya (RKB) yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta. Kelurahan yang belum berstatus RKB tersebut diharapkan turut berpartisipasi dalam akreditasi RKB yang akan dilaksanakan mulai bulan Juli hingga Oktober tahun ini.

Akreditasi RKB menjadi kesempatan bagi kelurahan yang memiliki potensi budaya untuk mengusulkan penetapan sebagai RKB. Berbekal potensi budaya masing-masing, 18 kelurahan yang belum berstatus RKB mempunyai peluang yang sama untuk bersaing mendapatkan nilai tertinggi hingga nantinya dianggap layak ditetapkan menjadi RKB.

Plh. Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Dra. Ratih Ekaningtyas berharap kegiatan sosialisasi akreditasi RKB menjadi bekal bagi kelurahan untuk mempersiapkan pengusulan penetapan RKB. Ia berharap kelurahan mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai persyaratan dan tata cara pengusulan RKB sebagaimana diatur dalam Peraturan Walikota Yogyakarta.

R. M. Donny Surya Megananda mangataka bahwa keikutsertaan kelurahan dalam proses akreditasi ini sangat bergantung pada peran aktif kelurahan. “Hanya kelurahan yang mengajukan usulan saja yang nantinya akan dinilai kelayakannya menjadi RKB,” ujarnya.

Donny menambahkan bahwa keikutsertaan kelurahan dalam akreditasi RKB bukanlah sebuah keharusan. Kelurahan yang belum siap tidak harus memaksakan diri untuk mengusulkan penetapan RKB. “Bila memang belum siap maka dipersiapkan dahulu, sehingga indikator penilaian RKB dapat sepenuhnya terpenuhi,” katanya.

Mengingat saat ini kelurahan yang sudah ditetapkan menjadi RKB baru berjumlah 24 kelurahan, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menargetkan adanya peningkatan signifikan jumlah RKB. Adapun kelurahan yang belum berstatus RKB diantaranya Kelurahan Suryatmajan, Kelurahan Suryodiningratan, Kelurahan Demangan, Kelurahan Klitren, Kelurahan Ngupasan, Kelurahan Bumijo, Kelurahan Gowongan, Kelurahan Kadipaten, Kelurahan Panembahan, Kelurahan Wirogunan, Kelurahan Notoprajan, Kelurahan Karangwaru, Kelurahan Tegalrejo, Kelurahan Bener, Kelurahan Matrijeron, Kelurahan Muja Muju, Kelurahan Tahunan. [Muchlis]