RKB Siap Sajikan Potensi Wilayah pada Gelar Budaya RKB Tahun 2022

Yogyakarta (1/9) Sebanyak 24 Rintisan Kelurahan Budaya di Kota Yogyakarta tengah bersiap menyambut penyelenggaraan Gelar Budaya RKB yang akan dilaksanakan pada awal bulan November tahun ini. Berbeda dengan format tahun-tahun sebelumnya, Gelar Budaya RKB tahun 2022 akan menjadi ajang bagi RKB untuk mempresentasikan seluruh potensi budaya yang dimilikinya.

            Mengangkat tema “Hanarawata Juming Mandhala” (Memasyurkan Keistimewaan Wilayah), setiap RKB diberikan keleluasaan mengeksplorasi potensi wilayah masing-masing untuk dikemas menjadi rangkaian pameran seni budaya yang menarik. Keberagaman konsep tercermin dalam paparan Pengurus 24 RKB yang disampaikan pada acara Workshop Gelar Budaya RKB Tahun 2022 pada hari Kamis (1/9) di KJ Hotel Yogyakarta.

 

Pada workshop kali ini, RKB diberikan kesempatan untuk memaparkan konsep gelar budaya yang akan ditampilkan secara langsung di masing-masing wilayah RKB. Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta melalui Tim Kreatif Gelar Budaya RKB pun membantu memberikan masukan dan saran dari konsep yang akan dipaparkan oleh masing-masing RKB demi keberhasilan Gelar Budaya RKB Tahun 2022. Dari workshop kali ini diharapkan dapat mematangkan persiapan RKB, khususnya dalam menyusun konsep dan perencanaan Gelar Budaya RKB di wilayah masing-masing.

Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Yetti Martanti, S.Sos., M.M. mengatakan bahwa penyelenggaraan Gelar Budaya RKB Tahun 2022 menjadi kesempatan bagi RKB untuk menemukenali kembali potensi wilayah. Masing-masing RKB harus mampu menampilkan keunikan dan kekhasan yang menjadi nilai pembeda dengan wilayah lainnya.

Gelar Budaya RKB merupakan bentuk fasilitasi Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta dalam rangka pembinaan dan pengembangan RKB. Di tahun 2022 ini, Gelar Budaya RKB akan dilaksanakan di 24 kelurahan mulai tanggal 5, 6, 12, dan 13 November 2022. (Sinta/Muchlis)