Pelatihan Pra-Kompetisi Untuk Talenta Bahasa Sastra Kota Yogyakarta

Menyiapkan telenta sastra Kota Yogyakarta, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta menggelar Pelatihan Pra-Kompetisi Bahasa Sastra tahap pertama, di Taman Budaya Embung Giwangan Senin-Rabu (27-29 Mei 2024).

”Pelatihan ini untuk menyiapkan calon peserta Kompetisi Bahasa dan Sastra di Kota Yogyakarta agar lebih memperdalam materi dan praktik dalam mengikuti agenda kompetisi yang berlangsung rutin setiap tahunnya. Secara khusus panitia menghadirkan nara sumber sastrawan dan praktisi yang berkompeten di bidangnya,” jelas Ismawati Retno, SIP, MA, Kepala Seksi Bahasa Dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta di Taman Budaya Embung Giwangan, Selasa (28/5). 

Pelatihan digelar untuk 15 cabang lomba, yaitu maca cerkak: anak, remaja, dewasa; maca geguritan: anak, remaja, dewasa; macapat: anak, remaja, dewasa; alih aksara Jawa: anak, remaja, dewasa; sesorah remaja dan panatacara remaja, serta mendongeng umum. Pelatihan tahap pertama ini diikuti 179 peserta, mereka warga dari 14 kemantren se-Kota Yogyakarta. 

Pascalia Widiastuti, peserta pelatihan maca cerkak dewasa menyampaikan kepuasannya mengikuti pelatihan ini. 

”Luar biasa, disini saya diajari dari awal teknik membaca cerita yang baik dan juga cara memperkuat  karakter tokoh. Saya merasa lebih siap untuk mengikuti kompetisi setelah mengikuti pelatihan ini,” tutur Pascalia. Pihaknya berharap agenda ini dapat terus berlanjut untuk semua pecinta sastra di Kota Yogyakarta. 

Sementara Kepala Bidang Sejarah Permuseuman Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Andrini Wiramawati, S.Sn mengatakan bahwa pelatihan tersebut tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas peserta dalam kompetisi bahasa dan sastra, tetapi juga untuk menjaga keberlanjutan dan keberagaman warisan budaya bahasa sastra Jawa bagi generasi mendatang.

Melihat antusias warga masyarakat Kota Yogyakarta yang berpartisipasi pada pelatihan di tahap pertama, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta akan menggelar Pelatihan Pra-Kompetisi Bahasa Sastra Tahap Kedua. Hal ini untuk memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat Kota Yogyakarta untuk mendapatkan bekal pemahaman sebelum mengikuti kompetisi bahasa dan sastra. 

Pelatihan tahap kedua akan dilaksanakan Senin-Rabu, 3-5 Juni 2024 mendatang pendaftaran melalui link berikut : bit.ly/DaftarPelatihanKompetisi. Setiap orang diperbolehkan mendaftar lebih dari satu pelatihan yang waktunya tidak bersamaan. Pendaftaran terakhir hari Sabtu, 1 Juni 2024 jam 12:00 WIB.

Informasi detail mengenai pelatihan dan kompetisi bahasa sastra Kota Yogyakarta juga dapat diakses melalui akun instagram @dinaskebudayaankotajogja